NAJD ADALAH TEMPAT KELAHIRAN PAHAM WAHABI TANDUK SETAN

 

Dalam kitab Khawathir Haula Al-Wahabiyah oleh Muhammad Ismail Muqaddam Hal. 30-31 dijelaskan sbb:

مـــن قـلــــب الجــزيــــرة العـــربـيـــــة ومــــن نــجـــد (1) ومـــن العــيــيـّنــــة (2) تـحـديــدا انطلقـــــت الدعـــــوة الـوهـابـيـــــة الدعـــــوة الــتى علــى أســـــاسها قــــامت الـدولــــة السعـــوديــــة ولا تزال قائمة الى حد اليوم، فـــي تلـــك المـنــطــقـة القــاحلــة ومــن تـلـك المـــارة البـــدويـــة انبلــج صــــوت المصـــــلح الديـنـــــي – إن صـــحّ التـعبـيـــــر – محمــــد بــــن عبــــد الـوهـــاب (3)

(1) نجـــد : معنــــاها الـرض المــرتفـعـــة وهـــو إســـم يطلـــق علـــى المـنطـقـــة الوسطـــى مـــن شــبه الجــزيـــرة العــربــيــة وهو أكبر قسم في وسط هذه الجزيرة .حدود نجد غير معروفة تماما لدى الجغرافيين العرب القدماء لذلك كثرت فيها القوال وتعددت الراء ولكن حدودها التقريبية هي كالتي شمال : جبل شمّر وغربا : الحجاز وجنوبا الربع الخالي وشرقا : الدهناء والحساء ( حسين الشيخ خزعل، تاريخ الجزيرة في عصر الشيخ محمد بن عبد الوهاب ، بيروت ، دار الطليعة ، دون تاريخ ، الجزء الول ، ص13)

(2) العيّينة:أحد بلدان العارض في الشمال وهي بلدة الشيخ محمد بن عبد الوهاب ومسقط رأسه.( النهضة الولى للدعوة الوهابية حسين الشيخ خزعل، تاريخ الجزيرة، مرجع سلف ذكره ، ص15

(3)محمد بن عبد الوهاب (1792-1703) ينتمي محمد بن عبد الوهاب إلى بني سنان و هم فرع من تميم.ولد في العيينـة، رأى النـور فـي بيـت عمـاده العلـم و اليمـان ،جـده الشـيخ سـليمان آل مشـرف كـان مـن أعلـم علمـاء نجـد فـي زمـانه و كـانت لـه اليـد الطـولى فـي فقـه المـذهب الحنبلـي و إليـه انتهـت الرئاسـة الدينيـة فـي نجـد تـولى القضـاء بالعيينة، ووالد الشيخ عبد الوهاب بن سليمان كان عالما جليل القدر فقيها على مذهب المام أحمد بن حنبل و له معرفـة واسـعة فـي الحـديث و التفسـير و غيرهمـا مـن العلـوم الدينيـة الـخرى ،درس محمـد بـن عبـد الوهـاب فـي المدينة المنورة على يد الشيخ سليمان الكردي و الشيخ محمد حياة السندي .قضى فترة من حياته رحالة فقد عاش أربع سنوات في البصرة و قضى خمس سنوات في بغداد و قضى عاما في كردستان و عامين في همدان ثم اتجه إلــى أصــفهان و درس هنــاك –كمــا يقــال- لمــدة أربــع ســنوات فلســفة أرســطو و الشراقية و الصوفية ثم إتجه إلى “قــــم” و بعد هذا التطواف ارتاح إلى مذهب أحمد بن حنبل فغدا من أكبر المـدافعين عنـه و المتحمسـين لـه فعـاد إلـى العيينـة ثـم راح يـدعو النـاس إلـى مـا يعتقـد أنـه الفكـر الـديني الحــــــــــــق و ظهرت أفكاره التي يدعو إليها =الزعامـة الدينيـة لـبن عبـد الوهـاب و الزعامـة السياسـية لـبن سـعود

Dari jantung semenanjung Arab, dari Najd (1) dan dari ‘Uyainah awal munculnya dakwah Wahhabiyah. Dakwah atas dasar berdirinya negara Saudi dan masih bertahan sampai batas saat ini, di daerah gersang orang-orang badui ini menggemalah suara pembaharu dalam agama (sehingga bisa dikatakan sebagai ajaran) Muhammad ibn Abd al-Wahhab (3)

1) Najd: Artinya dataran tanah yg tinggi, yakni nama yang diberikan untuk daerah pusat semenanjung Arab dan adalah bagian terbesar di tengah pulau ini. Batasan Najd tidak dikenal dengan peta geografi Arab kuno. Karena mengenahi Najd itu beragam pendapat, tetapi batas perkiraan seperti batas Utara: Gunung adas dan barat: Hijaz Dan sebelah selatan seperempat kosong dan timur: Ad-Dahna’ dan Al-Ihsa’ (Hussein Sheikh Khazal, sejarah pulau di era Sheikh Mohammed bin Abdul Wahab, Beirut, Dar Ath-Tholi’ah, tanpa tahun, juz 1, hal. 13)

2) Uyainah: Salah satu negeri dari negara-negara utara, kota Sheikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan kampung halamannya. (Hussein Sheikh Khazal, sejarah pulau, referensi tersebut di atas, hal 15)

3) Muhammad bin Abul Wahhab (1703-1792). Wilayah Muhammad bin Abul Wahhab sampai Bani Sinan merupakan cabang dari Tamim. Dilahirkan di Uyainah, terlihat cahaya di dalam rumah kehebatannya akan ilmu dan keimanan, kakeknya bernama Sheikh Sulaiman, keluarga terhormat dan merupakan ulama yg paling cerdas di Najd pada zamannya. Adalah dia sebagai penerus mazhab Hanbali dan padanya diserahkan kepemimpin agama di Najd yang berkedudukan di Uyainah, dan ayah dari Syekh Abdul Wahab bin Sulaiman adalah ulama besar, cendikiawan, ahli hukum dengan madzhab Imam Ahmad bin Hanbal, dan pengetahuannya yang luas tentang ilmu hadits, tafsir dan selain dari keduanya dari ilmu-ilmu keagamaan yang lain. Muhammad ibn Abd al-Wahhab belajar di Madinah pada Sheikh Sulaiman Al-Kurdi dan Syekh Muhammad Hayat Al-Sindi. Dia menghabiskan masa perjalanan hidupnya. empat tahun hidup di Basra dan menghabiskan lima tahun di Baghdad dan menghabiskan setahun di Kurdistan dan dua tahun di Hamedan kemudian hidupkan ke Isfahan dan belajar di sana – seperti yang mereka katakan – untuk jangka waktu empat tahun filsafat barat dan sufisme kemudian beralih ke “pergerakan pembaharuan” dan setelah itu dia berlabuh ke madzhab Ahmad bin Hanbal, maka jadilah seorang pembela (madzhab) terbesar dan pembaharu kemudian kembali ke Uyainah, kemudian mengklaim dan mengajak orang-orang untuk percaya dengan apa yg diyakininya bahwa pemikiran keagamaannya itu yg benar dan muncul ide-ide yang di dakwahkannya. Maka diasumsikan bahwa agama Muhammad bin Abdul Wahhab didasari oleh politik kepemimpinan Ibnu Saud. Wallahu a’lam bish-Shawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s