HUKUM PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SHALLLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM


Keterangan diambil dari kitab “Al-Hawi lil Fatawi” karya Imam Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi jilid 1 hal. 189 bab. 24 [tujuan baik dalam perayakan maulid] sebagai berikut:

Terjemahan singkat yang berwarna kuning:

”Segala puji bagi Allah dan keselamatan bagi hamba-Nya yg terpilih. Telah timbul satu pertanyaan tentang peringatan maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Rabi’ul Awal. Apa hikmahnya dari segi syari’at agama? Dan apakah maulid itu perbuatan terpuji atau tercela? Dan apakah pelakunya mendapatkan pahala darinya atau tidak?

Jawab: (1) Menurutku [Imam As-Suyuti] bahwa sesungguhnya peringatan maulid itu berawal dari berkumpulnya manusia dan pembacaan sesuatu yang mudah dari al-Qur’an dan penjelasan akan kabar berita dari awal di perintahnya/diutusnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan apa saja yang ada kaitannya dengan kelahiran beliau dari tanda-tanda sehingga berlanjut bagi mereka sampai diadakan jamuan makan dan berkumpul dengan tidak menambahi maksud dari [peringatan maulid] itu. Dan itu adalah perbuatan baru yang baik [bid’ah hasanah].”

Aneh memang cara pandang salafy wahabi selama ini yang menganggap maulid Nabi sebagai perbuatan sia-sia bahkan mengatakan haram melakukannya karena dianggap ghulluw. Sementara mereka begitu berlebihannya dalam memperingati maulidnya para imam besarnya, seakan-akan mereka menganggap para imamnya lebih utama daripada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Na’udzubillahi min dzalik wallahu a’lam bish-Shawab.

2 responses to “HUKUM PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SHALLLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM

  1. memang betul apa yang di katakan imam assuyuti,itulah mauild yg sebenarnya,tapi pada kenyataanya yang terjadi di indonesia maulid nabi disini jauh dengan apa yang di tulis oleh imam assuyuti,sekarang maulid nabi disini bayak sekali musyrik nya yang di ceramahkan bukan tentang kabar beritadari awal di perintahnya nabi SAW dan juga banyak sekali cerita cerita tentang kelahiran nabi yang lebih ke pada mengkultuskan nabi, saya se orang wahabi tapi saya setuju dengan maulid nabi dengan syarat maulid nya persis seperti apa yang di ungkapkan oleh imam assuyuti,mohon maaf ya sekedar memberitahukan saja bahwa sekarang maulid nabi harus ada ritual sawer uang ( membagikan uang dengan cara dilemparkan di atas podium ) barang siapa yang mendapatkan uang itu simpan jangan di belikan apa apa ,simpan di tempat yg suci jngan kena najis uang dari maulid itu berkah sekali ,( saya pernah mengalaminya) lalu saya sadar itu maulid nabi yang di sebut kan sia sia oleh kaum wahabi bahkan di haram kan dan juga masih banyak lagi lo ritual ritual musyrik yang terjadi selain itu..Mari kita tegakkan islam yg sesuai dengan Qur’an dan sunah Rosul dengan tanpa menyakiti sesama saudara kita.kenalilah lebih dekat insya Alloh,Alloh akan merahmati kita amiin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s